Selasa, 12 Desember 2017

[Opini] Anomali dalam berbahasa Indonesia

Posted By: Unknown - 21.51

Share

& Comment

Oleh: Novi Ariyani





Bahasa Indonesia adalah Bahasa resmi bangsa Indonesia.Oleh karena itu, masyarakat Indonesia sangatlah Penting menggunakan Bahasa Indonesia dengan benar. Sebab Bahasa Indonesia adalah alat komunikasi.Untuk itu, Bahasa yang digunakan harus efektif supaya lawan bicara paham dengan maksud yang ingin di sampaikan.Namun faktanya banyak masyarakat yang masih menyimpang dari penggunaan Bahasa. Mereka sering berbicara tanpa memikirkan kesopanan dan tata tertib dalam berbahasa. Bahkan, dalam kehidupan sehari-hari mereka lebih senang menggunakan Bahasa asing atau Bahasa gaul, supaya dianggap tidak ketinggalan zaman. Mungkin istilah gaulnya masyarakat jaman now, tidak gaul kalau tidak berbahasa asing ataupun Bahasa yang lain. Tak terkecuali para petinggi negara yang sering terpeleset lidah dalam bertutur kata.Padahal para petinggi negara menjadi contoh bagi masyarakat umum.Segala aktivitas mereka memiliki pengaruh yang sangat besar, apalagi mengenai berbahasa dalam sehari-hari. Sebagai contohnya, dalam sebuah forum resmi kenegaraan ada salah satu petinggi negara yang berkata “ saya harap semua perintah dapat di-follow up dan dilaksanakan” sebenarnya kata follow up di sini bisa diartikan sebagai ditindaklanjuti.  Alangkah baiknya mereka tidak perlu mencampuradukan Bahasa asing ke dalam berbahasa sehari-hari supaya masyarakat umum bisa memahami tanpa ada kesalahfahaman.

Penyimpangan terhadappenggunaan Bahasa tersebut mungkin terjadi karena seringnya masyarakat mendapat informasi dari kecanggihan teknologi. Entah itu media sosial, televisi, radio, majalah dan berbagai media yang memuat pengetahuan secara menyeluruh. Bagi kalangan petinggi negara mungkin dengan memasukan  Bahasa asing ke dalam pembicaraan setiap pertemuan untuk menuntut pekerjaan mereka, supaya di anggap orang yang berpendidikan tinggi dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai berbagai Bahasa.

Dengan adanya penyimpangan dalam berbahasa Indonesia yang benar di kalangan masyarakat, Media massa diharapkan untuk mengikuti kaidah-kaidah berbahasa, pejabat pun harus dididik bagaimana menggunakan bahasa Indonesia yang benar. Karena masyarakat setiap hari mengonsumsi berita dari berbagai media massa, untuk meminilimasir penyimpangan dalam penggunaan Bahasa Indonesia.

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.