Selasa, 12 Desember 2017

[Opini] Penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dikalangan remaja

Posted By: Unknown - 21.34

Share

& Comment


Oleh: Wahyuni Listrianingsih

Pengunnan bahasa Indonesia saat ini sudah tidak ada yang menggunakan bahasa baik dan  benar dalam kehidupan sehari-hari, remaja saat ini banyak yang menyalahgunakan bahasa Indonesia  karena remaja menganggap menggunakan bahasa Indonesia dengan benar bagi mereka itu terlalu formal untuk dipakai dalam kehidupan  sehari hari. selain itu bahasa Indonesia saat ini semakin merosot karena banyak dari remaja yang menggunkan bahasa asing antara lain bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Korea dan mandarin. Banyak remaja yang beranggapan menggunakan bahasa Indonesia itu saat acara acara formal saja seperti berpidato dan berceramah. Remaja saat ini banyak yang menggunkan bahasa yang kurang tepat, seperti saat ini  banyak yang menggunakan bahasa tidak baku (bahasa gaul) dan lebih suka menggunakan bahasa asing  bagi remaja saat ini mengusai bahasa asing sangatlah gaul dan menjadi lebih keren. Dan biasanya penggunaan bahasa gaul ini digunakan pada remaja untuk berkomunikasi dengan remaja satu dengan yang lain agar tidak terdengar kaku saat berkomunikasi.

Faktor utama banyak remaja yang malas menggunakan bahasa dengan baik adalah remaja yang tidak cinta dengan bahasanya sendiri, remaja akan terbiasa menggunakan bahasa yang baik bila kita bisa mencintai bahasanya itu sendiri, selain itu internet dan situs-situs jejaring sosial yang berdamapak signifikan terhadap perkembangan bahasa gaul misalnya, facebook, twitter ,dan instagram. Pengaruh lain juga bisa terjadi dilingkungan masyarakat yang pada umumnya mereka menyerap percakapan orang-orang dewasa disekitarnya baik teman sebaya atau keluarga. Sering saya temukan remaja yang tidak menggunakan bahasa dengan baik dan benar saat berbicara atau mengirim pesan kepada orang yang lebih dewasa bisa kita ketahui saat ini banyak remaja yang tidak sopan dalam berbicara kepada orang yang lebih tua misal dalam menyapa orang yang lebih tua dengan sapaan “hallo bro “ atau juga “ heii”  itu menurut saya kurang tepat karena harusnya kita sebagai remaja harus lebih sopan terhadap orang yang lebih dewasa dari  kita. boleh saja menggunakan bahasa gaul namun harusnya tau siapa yang mereka sapa dan itu baik atau tidaknya  mungkin bagi remaja yang menyapa dengan bahasa yang gaul akan memperlihatkan bahwa mereka keren.

Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian bahasa Indonesia adalah perlu adanya saat ini menumbuhkan kecintaan dalam diri generasi bangsa terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, menyadarkan remaja untuk mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar daripada bahasa gaul. Dan mengajarkan  bahasa Indonesia dengan baik sejak kecil karena pada usia balita akan mudah sekali menyerap atau mengingat bahasa Indonesia.

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

1 komentar:

  1. What is the best sports toto in the UK? - Sporting100
    In our guide to the best sports toto in the UK, we'll take a look at the best sports toto in the 스포츠 토토 사이트 UK and explain what makes each

    BalasHapus

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.