Selasa, 12 Desember 2017

[OPINI] Penggunaan Bahasa Indonesia di Kalangan Anak Remaja Zaman Sekarang

Posted By: Unknown - 20.28

Share

& Comment

Oleh : Oftaviana Puji Purweni


Sejak dulu bahasa Indonesia digunakan dengan kaidah penggunaan bahasa yang benar.Namun seiring dengan perkembang zaman, teknologi semakin berkembang dan juga pengaruh budaya-budaya dari luar yang semakin maju,bahasa Indonesia justru di rusak oleh generasi muda zaman sekarang. Penggunaan Bahasa Indonesia oleh remaja masa kini terutama di kota-kota besar sangat tidak sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sering kali anak remaja saat ini mencampur adukkan Bahasa Indonesi dengan Bahasa Inggris, Jawa, Korea, dsb. Mereka sering menyebut bahasa-bahasa itu dengan bahasa "gaul".

Kosa kata yang sering diucapkan oleh anak remaja saat ini yaitu loe, gue, bokap, nyokap, alay, kamseupay, dsb. Ironisnya bahasa-bahasa gaul tersebut tidak hanyak digunakan di kalangan remaja saja tetapi sudah mendarah daging dan terbawa sampai di sekolah. Mereka sering mencampurkan bahasa Indonesia dengan bahasa Korea, dan digunakan untuk berbicara dengan teman-teman mereka di sekolah. Sering kali remaja apabila di tanya oleh gurunya mereka spontan menggunakan bahasa-bahasa campuran dan bahasa gaul tersebut. Mereka sering lupa dengan siapa mereka sedang berbicara,dan harus menggunakan bahasa apa mereka berbicara dengan orang yang lebih tua.

Dari fenomena-fenomena tersebut kita dapat merasakan beberapa dampak yang bisa dirasakan oleh bangsa kita yaitu dampak yang bisa dirasakan secara langsung dan juga dampak yang tidak bisa di rasakan secara langsung. Dampak buruk yang langsung bisa dirasakan yaitu menurunnya kesopanan remaja kita saat berbicara dengan orang yang lebih tua. Sedangkan dampak yang tidak langsung bisa kita rasakan yaitu merusak bahasa kita sendiri yaitu Bahasa Indonesia yang sejak dulu sudah di gunakan oleh bangsa Indonesia. Dengan persoalan-persoalan seperti ini mau dibawa kemana masa depan bangsa kita dan bahasa-bahasa yang sudah sejak dulu ada ? Lalu apa kata dunia tentang bangsa Indonesia saat ini? Dengan fenomena-fenomena seperti ini kita sebagai anak muda yang baik dan cinta dengan bangsa kita, mari kita lestarikan bahasa Indonesia. Seperti semboyan kita “pelajari bahasa Indonesia lestarikan bahasa daerah kuasai bahasa asing”

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.