Selasa, 12 Desember 2017

[Opini] Penggunaan Bahasa Indonesia di Wilayah Jawa

Posted By: Unknown - 21.01

Share

& Comment


Oleh: Ririn Dwi Sulistyawati


Kebiasaan menggunakan bahasa Jawa adalah salah salah satu penyebab masyarakat Jawa sulit untuk berbicara dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Adakalanya masyarakat Jawa berbicara  dengan bahasa Indonesia tetapi tetap menggunakan dialek Jawa seperti penuturan Badung menjadi (m)Bandung, Bali menjadi (m)Bali, Batu menjadi (m)Batu dan sebagainya.
Faktor lainnya karena masyarakat Jawa menggunakan bahasa Indonesia yang tidak baku, mungkin karena masyarakat Jawa sering mendengar bahasa Idonesia yang digunakan oleh sebagian remaja yang sudah terpengaruh oleh bahasa-bahasa Barat. Anak remaja zaman sekarang mungkin sering menggunakan bahasa Barat seperti loe, gue, bokap, nyokap dan lain sebagainya. Faktor ini dapat menyebabkan masyarakat Jawa hanya menirukan cara berbahasa Indonesia yang salah,dan mungkin akan sulit untuk merubah kebiasaan yang salah ini untuk menjadi kebiasaan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
Alasan kenapa masyarakat Jawa menggunakan bahasa Indonesia yang tidak baku, mungkin karena menurut mereka bahasa Indonesia yang baku itu terlalu formal untuk digunakan sehari-hari. Jadi sebagian besar dari mereka memilih menggunakn bahasa Indonesia yang tidak baku dan bahasa Idonesia yang lebih familiar di zaman sekarang ini. Apalagi sekarang banayak kita jumpai bahasa indonesa yang tidak baik dan bahkan dapat merusak bahasa Indonesia yang asli dan benar, seperti baper (bawa perasaan), alay (berlebih lebihan), hunting (jalan-jalan) dan lain sebagainya.
Masih ada lagi faktor yang mempengaruhi masyarakat Jawa tidak berbicara dengan bahasai Indonesia yang baik dan benar, yaitu kebiasaan masyarakat Jawa menggabungkan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa ketika berbicara. Disela-sela berbicara bahasa Indonesia sesekali diselipkan bahasa Jawa dan sebaliknya. Mungkin mareka beranggapan lebih mudah menggunakan bahasa campuran dari pada menggunakan Indonesia yang baku.

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.