Selasa, 12 Desember 2017

[Opini] Penggunaan Bahasa Indonesia di Kalangan Pelajar SMA

Posted By: Unknown - 18.39

Share

& Comment

Oleh: Anis Safitri



Penggunaan Bahasa Indonesia di kalangan pelajar SMA saat ini sangat rendah. Terutama pelajar di MAN Trenggalek mereka menggunakan Bahasa Indonesia hanya saat di dalam kelas atau saat presentasi saja. Di luar kelas saat berbicara dengan teman, mereka menggunakan bahasa campuran, mereka sudah terbiasa dengan bahasa yang mereka gunakan selama ini. Sulit untuk merubah kebiasaan yang telah melekat pada diri mereka.

Bahasa merupakan alat pemersatu bangsa dan bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional, jika pelajar nya saja tidak mau melestarikan Bahasa Indonesia, bagaimana Bahasa Indonesia bisa lestari dan Bagaimana bangsa Indonesia bisa bersatu?, sedangkan  Pelajar di MAN Trenggalek saat ini lebih mementingkan gengsi karena takut tidak gaul saja, mereka berbicara dengan bahasa campuran (Bahasa gaul, Bahasa Inggis, Bahasa jawa, dan Bahasa Indonesia yang tidak baku) contohnya : sotoy kamu, mager banget, kid jaman now dan sebagainya. 


Sebagai pelajar yang baik seharusnya mereka dapat melestarikan Bahasa Indonesia dengan menghilangkan kebiasaan berbahasa campuran dan menggantinya dengan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik didalam maupun diluar kelas. Jika pelajar bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar maka pelajar MAN Trenggalek juga akan lebih maju lagi dalam berbahasa dan bisa menjadi sekolahan terbaik dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar di Trenggalek. Jadi jangan jadikan gengsi karena takut tidak gaul itu sebagai penghalang kemajuan dan kelestarian Bahasa Indonesia.

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.