Selasa, 12 Desember 2017

[Opini] Fenomena Bahasa Indonesia di Kalangan Pemuda

Posted By: Unknown - 21.44

Share

& Comment

Oleh Wisnu Anggaresta



Bahasa indonesia yang baik adalah bahasa yang pengucapannya sesuai dengan situasi dan kondisi, misalnya saat kita bertanya kepada seseorang tentang arah jalan menuju ke tempat wisata Contoh: “Permisi pak numpang tanya jalan untuk  menuju pantai pangi ke arah mana?”. Bahasa tersebut bahasa yang baik karena pengucapannya sesuai dengan situasi dan kondisi.

Saya sering menjumpai pemuda zaman sekarang saat menggunakan bahasa di media sosial sering menggunakan bahasa yang kurang sopan. Dengan menggunakan  bahasa-bahasa gaul, seperti kids zaman now yang mereka sendiri pun tidak tahu artinya. Padahal kata kata kids zaman now  itu tidak pantas, tidak wajar, tidak sopan santun, tidak baik dilihat, tidak baik dilakukan, tidak terbatasi moral, tidak terbatasi kesusilaan, tidak sesuai dengan akhlak, tidak sesuai dengan budaya bangsa indonesia itu sendiri. Tidak hanya kids zaman now tetapi masih banyak lagi kata kata yang tidak sopan, seperti generasi micin entah apa itu artinya mereka sendiri pun juga tidak tahu. Sering pemuda jaman sekarang menggunakan bahasa indonesia di sosial media selalu disingkat, seperti “dimna kmu” seharusnya yang benar “dimana kamu” dll.

Banyak pemuda-pemuda zaman sekarang, saat berbicara kepada teman sebaya ataupun orang yang lebih tua tidak sopan sering menggunakan umpatan-umpatan. Seperti saat berbicara kepada teman sebaya selalu menggunakan kata-kata yang kurang pantas di dengar seperti makian, dll. Sesekali pemuda zaman sekarang saat berbahasa kepada orang yang lebih tua darinya tidak menggunakan perkataan yang sopan. Kadang-kadang saat berbahasa kepada orang yang lebih tua juga menggunakan makian-makian yang kadang kala menyinggung perasaan orang yang di ajak berbicara tersebut. Sering juga pemuda zaman sekarang menggunakan kata-kata kotor saat berbahasa seperti misuh dll.

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.