Minggu, 10 Desember 2017

[Opini] Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Sosial

Posted By: Unknown - 20.51

Share

& Comment

Oleh: Muhammad Nuroddin


Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuaan Negara Indonesia. Saat ini bahasa Indonesia mulai tergantikan oleh bahasa Inggris di media sosial. Media sosial adalah   sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Hal utama yang harus diperhatikan dalam penggunaan Bahasa Indonesia dimedia sosial adalah peralihan bahasa lisan menjadi bahasa tulisan. Sering saya jumpai masih banyak para pengguna jejaring media sosial menyingkat tulisan mereka saat menulis status.

Media sosial mempunyai dampak positif bagi penggunaan Bahasa Indonesia, memberikan peluang kepada pengguna bahasa Indonesia untuk semakin menegaskan posisinya sebagai bahasa Nasional, selain itu dapat menyebarkan bahasa Indonesia melalui media sosial dalam bentuk bacaan sehingga semua masyarakat Indonesia semakin mengenal dan mencintai Indonesia.

Dampak negatifnya bagi penggunaan bahasa indonesia, penggunaan bahasa indonesia yang diterjemahkan ke bahasa inggris yang dapat menyebabkan bahasa indonesia semakin terpinggirkan karena para pengguna jejaring media sosial lebih suka menggunakan Bahasa Inggris, menyebarkan bahasa gaul ke publik dengan postingan di media  sosial, menjadikan bahasa gaul sebagai bahasa sehari-hari sehingga membuat orang terbiasa menggunakannya.   

Dengan adanya permasalahan tersebut, pengguna media sosial harus memakai bahasa indonesia  supaya bahasa Indonesia tidak tergantikan oleh bahasa Inggris ataupun bahasa lainnya. Jika bahasa Indonesia tergantikan oleh bahasa Inggris, bahasa Indonesia akan pudar dan Negara Indonesia tidak terkendali lagi identitasnya, karena bahasa Indonesia merupakan identitas Negara Indonesia.

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.