Selasa, 12 Desember 2017

[Opini] Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia di Kalangan Anak Muda

Posted By: Unknown - 20.13

Share

& Comment


Oleh: Janeta Shaima Putri


Penggunaan bahasa Indonesia di kalangan anak muda jaman sekarang, cenderung tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan benar. Kecenderungan penggunaan bahasa yang salah ini dikarenakan mereka beranggapan bahwa bahasa Indonesia itu terlalu formal untuk dipakai sehari-hari sehingga mereka menciptakan tata bahasa mereka sendiri. Tata bahasa yang mereka ciptakan sering disebut bahasa gaul atau bahasa alay, contohnya loe (kamu), gue (aku), ngetrip (melakukan perjalanan), dan sebagainya. Seringnya anak muda berbicara dengan bahasa gaul ini, membuat mereka sulit untuk membiasakan berbicara dengan bahasa Indonesia yang baku.

Selain menciptakan tata bahasa sendiri, mereka juga menirukan bahasa-bahasa yang ada di media sosial. Di media sosial, instagram,  mereka mencampurkan bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris dalam membuat status, contohnya ”Aduh aku envy melihat mantan mengunggah foto pacarnya yang baru.”, padahal envy itu sendiri dalam bahasa Indonesia artinya adalah ‘iri’. Anak muda senang menggunakan bahasa yang salah seperti itu karena mereka tidak ingin ketinggalan jaman dalam pergaulan.

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.