Minggu, 10 Desember 2017

[Opini] Membiasakan Berbahasa Indonesia di Kampus

Posted By: Unknown - 20.26

Share

& Comment

Oleh: Etika Anjar

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi persatuan bangsa Indonesia. Penggunaan  Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah penggunaan yang sesuai dengan fungsi dan situasinya, seperti yang kita ketahui, Bahasa Indonesia mempunyai banyak ragam. Jika kita menggunakan ragam resmi dalam suasana non resmi, mungkin bahasa yang kita gunakan menurut tata bahasa baik, tetapi ragamnya tidak tepat. Begitu juga, jika menggunakan ragam lisan dalam laporan resmi, maka akan berkesan janggal. Jadi, bahasa yang baik dan benar adalah bahasa yang baik menurut ragamnya dan benar menurut tata bahasanya. 


Berbicara Bahasa Indonesia yang berhubungan dengan keseharian tidak pernah di ukur dan di nilai. Para mahasiswa dibiarkan berbicara menggunakan bahasa daerahnya masing-masing. Padahal bahasa resmi yang digunakan dalam pendidikan adalah Bahasa Indonesia. Ini adalah bukti konkret pembelajaran Bahasa Indonesia di kampus belum bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, banyak saya  jumpai mahasiswa yang sering mengabaikan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mereka beranggapan bahwa Bahasa Indonesia itu membosankan, akhirnya mereka beralih menggunakan bahasa asing yang dianggap lebih keren dan kekinian. 

\Kita sebagai generasi penerus bangsa Indonesia harus mampu menguasai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Jangan sampai pemakaian dan pemahaman kita terhadap Bahasa Indonesia kalah dengan pemakaian dan pemahaman kita terhadap bahasa asing yang masuk ke negara Indonesia, kita juga harus melestarikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan nasional.

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.