Selasa, 12 Desember 2017

[Opini] Pengaruh Bahasa Daerah terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia

Posted By: Unknown - 21.30

Share

& Comment

Oleh: Uswatun Khasanah


Bahasa daerah merupakan bahasa kita sehari-hari yang merupakan budaya, yang menjadi pemersatu masyarakat disuatu daerah tertentu. Sedangkan Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa indonesia. Keanekaragaman budaya dan bahasa daerah mempunyai peranan dan pengaruh terhadap bahasa yang akan diperoleh  seseorang pada tahapan berikutnya, khususnya bahasa formal atau resmi yaitu bahasa Indonesia.

Akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa keanekaragaman bahasa daerah merupakan keunikan tersendiri bangsa Indonesia dan merupakan kekayaan yang harus dilestarikan. Dengan keanekaragaman ini akan mencirikan Indonesia sebagai negara yang kaya akan kebudayaanya. Namun penggunaan bahasa daerah dan bahasa Indonesia harus sesuai dengan situasi dan kondisi. Tidak boleh menggunakan Bahasa Daerah dan Bahasa Indonesia secara bersamaan karena dapat mengubah suatu makna dari kata yang di ucapkan. Dengan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar bisa menambah pengetahuan kita tentang bagaimana berbahasa Indonesia yang baik dan benar,serta dapat mengerti maknanya.

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.