Minggu, 10 Desember 2017

[Opini] Penggunaan Bahasa Indonesia di Era Globalisasi oleh Remaja

Posted By: Unknown - 20.47

Share

& Comment

Oleh: Nifa Kurnia Fahmi

Saat ini penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar jarang ditemukan, utamanya di kalangan remaja. Berbahasa yang baik ialah berbahasa sesuai dengan “lingkungan” bahasa itu digunakan. Dalam hal ini terdapat beberapa faktor penentu antara lain, orang yang berbicara, orang yang diajak berbicara, situasi pembicaraan apakah situasi itu formal atau nonformal, dan masalah atau topik pembicaraan. Sedangkan bahasa yang benar ialah bahasa yang sesuai dengan kaidahnya, aturannya, dan strukturnya. Kalau berbahasa Indonesia baku harus seperti bahasa yang kaidahya tertulis dalam buku-buku tata bahasa. Sebaliknya, jika menggunakan salah satu dialek, seperti Surabaya maka harus betul-betul menggunakan Bahasa Surabaya seperti yang digunakan oleh penduduk asli Surabaya.

Jika pemuda tempo dulu yang memprakasai peresmian Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, maka di era globalisasi ini Bahasa Indonesia justru rusak di tangan para pemudanya pula. Sebagian besar  remaja saat ini menganggap bahwa Bahasa Indonesia lebih cocok digunakan dalam acara resmi, misalnya, upacara, pidato, wawancara, dan diskusi. Bahasa Indonesia pun semakin kehilangan eksistensinya sebagai bahasa nasional sekaligus pemersatu bangsa. Hal ini dibuktikan dengan tingginya peminat bahasa asing dan menjamurnya lembaga kursus bahasa asing. Apalagi melihat kaum remaja yang beranggapan akan dipandang gaul dan pintar sehingga terlihat lebih keren ketika berbicara menggunakan bahasa asing.

Selain itu penggunaan bahasa oleh remaja di media sosial pun semakin memprihatinkan. Kebanyakan  remaja menggunakan bahasa prokem atau bahasa gaul. Mereka memodifikasi bahasa dengan membuat singkatan atau akronim yang keluar dari Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan, seperti mager (malas gerak), 5f (maaf), dan bikes (bikin kesel).

 Jika hal tersebut dibiarkan, maka lunturlah citra bahasa persatuan bangsa. Bahasa Indonesia akan menjadi asing di negeri sendiri. Oleh karena itu, mari kita lestarikan Bahasa Indonesia. Jadilah remaja yang gaul sebab menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari sekaligus remaja yang bisa menginspirasi dan menjadi teladan bagi remaja lainnya untuk mulai mencintai Bahasa Indonesia.
 

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.