Selasa, 12 Desember 2017

[Opini] Pengaruh Media Sosial Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia

Posted By: Unknown - 18.42

Share

& Comment


Oleh: Asana Maziyya Auliannafi'a



Pesatnya perkembangan teknologi sebanding dengan maraknya media sosial di kalangan masyarakat. Masyarakat yang dulunya hanya mengenal facebook dan twitter, kini beralih menggunakan instagram, line, ask FM, dan media sosial baru lainnya. Semakin hari jumlah pengguna sosial semakin meningkat, sehingga media sosial menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.
Bahasa gaul yang terdapat pada media sosial semakin membuat bahasa Indonesia terabaikan. Mungkin dengan menggunakan bahasa gaul mereka lebih bisa akrab dengan sekitarnya. Padahal mereka jarang berinteraksi dengan sekitarnya karena lebih asyik dengan dunia maya dan merasa media sosial bagian hidunya.

Pengaruh media sosial ini juga mengakibatkan dampak negatif maupun positif. Dampak negative dari media sosial ialah anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Sehingga membuat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu. Sedangkan dampak positif dari media sosial ialah sebagai sarana untuk bertukar informasi, bisnis, ataupun untuk menyalurkan hobi.
Media sosial yang banyak menggunakan bahasa gaul atau bahasa asing yang semakin merajalela dikalangan remaja ini membuat bahasa Indonesia yang baik dan benar akan terlupakan. Karena mereka menjadi terbiasa dengan bahasa gaul tersebut untuk berinteraksi, sehingga bahasa gaul membudidaya dan mengakar pada kehidupan berbahasanya.

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.