Selasa, 12 Desember 2017

[Opini] Fenomena Penggunaan Bahasa Indonesia Mahasiswa IAIN Tulungagung

Posted By: Unknown - 20.21

Share

& Comment

Oleh: Maisaroh Setiani
 
Sering saya jumpai di sekitar kampus IAIN banyak mahasiswanya berinteraksi khususnya dalam berkomunikasi. Mereka jarang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mereka lebih senang berkomunikasi menggunakan bahasa asal mereka dengan berbagai macam gaya bahasa yang biasa disebut dialek, hal ini disebabkan mahasiswa di kampus IAIN ini  bukan berasal dari Tulungagung saja, melainkan juga berasal dari luar Tulungagung maupun dari luar indonesia. Sering jumpai mahasiswa di kampus ini berkomunikasi menggunakan bahasa yang mereka saja tahu arti dan maksud dari bahasa tersebut seperti mahasiswa dari Patani (Thailand) ketika mereka bertemu dan berkomunikasi antar mahasiswa pattani lainnya.

 Bahkan mahasiswa IAIN Tulungagung ini sering menggunakan bahasa campuran yang disisipi dengan bahasa asing, gaul, maupun alay, Bahasa tersebut mereka ambil dari drama maupun kejadian yang viral di media social dan mereka terapkan di kehidupan sehari-hari. Mereka berpendapat bahasa yang seperti ini baik dan harus diikuti,mereka beranggapan agar tidak ketinggalan zaman.Mereka tidak memilah terlebih dahulu dengan mengikuti dan tidak mempertimbangkan apakah hal tersebut bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain yang diajak bicara,misalnya bahasa alay kata capsus yang artinya cepat bahasa ini hanya di mengerti oleh kalangan anak muda sedangkan orang tua tidak mengerti maksud dan artinya.

 Di sinilah perlu dan pentingnya pembelajaran dan pembiasaan dalam bertutur kata ataupun berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar,sebab hal ini memiliki banyak alasan, yaitu selain menjadi bahasa nasional, bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu. Karena Indonesia memiliki banyak suku dan ras yang berbeda serta dialek yang berbeda pula, dan di sinilah bahasa Indonesia berperan penting menjadi penengah semua bahasa yang berbeda menjadi bahasa pemersatu yang dapat dimengerti yaitu bahasa Indonesia.

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.