Selasa, 12 Desember 2017

[Opini] Perayaan Bulan Bahasa di Bulan Oktober

Posted By: Unknown - 21.38

Share

& Comment

Oleh: Wakhidatul Ilmia

Jika mendengar frasa “Bulan Bahasa” mungkin sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan frasa tersebut, atau mungkin dari sebagian banyak mahasiswa di IAIN Tulungagung ini khususnya, pernah ada yang mengikuti dan merayakan “Bulan Bahasa” tersebut. Apabila ditinjau dari segi makna perkata, “Bulan Bahasa” terdiri dari dua kata yaitu Bulan dan Bahasa, Bulan memiliki dua artian sekaligus yaitu sebagai benda langit yang mengitari bumi dan dapat juga berarti masa atau jangka waktu. Sedangkan Bahasa memiliki pengertian yaitu sistem lambang bunyi yang arbitrer (mana suka), yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi dan mengidentifikasikan diri. Jadi, dari pengertian dua kata di atas yang dimaksud dengan Bulan Bahasa yaitu kegiatan kebahasaan dan kesastraan Indonesia yang secara rutin dilaksanakan setiap bulan Oktober sebagai bulan lahirnya sumpah pemuda oleh pusat bahasa dan lembaga pendidikan yang memiliki jurusan bahasa Indonesia serta instansi yang relevan dengan pembinaan dan pengembangan bahasa.

Lantas kenapa bulan bahasa selalu identik dilaksanakan pada bulan Oktober? Ya, betul sekali, karena di bulan ini sumpah pemuda pertama kali dikumandangankan oleh para pemuda Indonesia melalui Kongres Pemuda II yang dilaksanakan di Batavia pada tahun 1928. Sumpah pemuda ini merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia yang didalamnya membahasa tentang putusan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan republik Indonesia.

Namun apa yang terjadi saat ini? Bahasa Indonesia semakin hari semakin luntur. Buktinya, bisa kita lihat di surat kabar, buku-buku, dan majalah yang rata-rata sudah mencampurkannya dengan bahasa asing khususnya bahasa Inggris. Padahal di dalam bahasa Indonesia sudah ada kata yang sepadan dengan kata tersebut, namun tetap masih saja ada penggunaan bahasa asing yang tidak perlu.Terlepas dari maksud dan tujuan menggunakan campuran bahasa asing dalam berbahasa Indonesia, yang pasti bahasa Indonesia tetaplah harus dipertahankan sebagai bahasa nasional dan bahasa pemersatu bangsa.

Melalui perayaan bulan bahasa ini diharapkan para penutur asli bahasa Indonesia dapat mengambil manfaat yang secara nyata dapat dipahami yaitu, dengan adanya bulan bahasa ini dapat menambah kecintaan kita terhadap bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia itu sejatinya memiliki estetika tersendiri apabila mampu mengolah kata dengan baik. Lalu dengan adanya bulan bahasa ini, diharapkan agar para penutur asli bahasa Indonesia itu semakin terpacu untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena siapakah yang paling berkepentingan menjaga dan mempertahankan bahasa Indonesia, bila bukan bangsa Indonesia itu sendiri?

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.