Minggu, 10 Desember 2017

[Opini] Tergantikannya Penggunaan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris

Posted By: Unknown - 21.11

Share

& Comment

Oleh: Isa Asmaul Khusna

Penggunaan bahasa Indonesia saat ini mulai dicemari dengan penambahan kosakata bahasa asing baik yang digunakan secara lisan maupun tulisan, seperti yang dikatakan oleh seorang pakar bahasa dari Universitas Andalas Padang, Sumatra Barat, Gusti Asnan yang dilansir dalam Republika Online, Rabu, 28 Oktober 2015 bahwa fenomena yang hadir saat ini ialah mulai tergantikannya bahasa Indonesia dengan bahasa asing terutama bahasa Inggris di kalangan masyarakat menengah ke atas. Termasuk cara para pejabat saat bertutur, berdiskusi dan berpidato di ruang publik.

Fenomena ini muncul karena banyak sebab, diantaranya karena terdapat rasa bangga bagi penutur ketika ia menggunakan istilah-istilah ilmiah atau istilah asing yang dianggap lebih mencerminkan ke-intelektualitas-an dan mencirikan ia seorang yang terpelajar. selain itu, sebagian masyarakat ataupun kalangan siswa beralasan melakukan hal tersebut karena untuk membiasakan diri atau melatih keterampilannya berbahasa asing dengan sedikit-sedikit menggunakannya pada percakapan baik di lingkungan akademik maupun pergaulan sehari-sekali.

Donny Shofyan, seorang pengajar bahasa Inggris, menambahkan bahwasanya tidak banyak orang yang memahami bagaimana penggunaan bahasa Indonesia yang baik, tetapi beralih mencintai bahasa asing meskipun mereka juga tidak menguasainya. Jadi kecenderungan mereka dalam menguasai penggunaan kedua bahasa tersebut hanya secara setengah-setengah.


Tanpa disadari, hal-hal yang dianggap sederhana seperti mulai tergantinya bahasa Indonesia dengan bahasa asing akan sedikit demi sedikit melunturkan rasa kecintaan terhadap bahasa sendiri, mereka cenderung terobsesi untuk menguasai bahasa asing.

Dalam hal ini, kita tidak bisa menilai siapa yang bertanggung jawab atas merosotnya minat  penggunaan bahasa Indonesia, namun inilah yang perlu diperbaiki. Diantaranya ialah dengan memberi pengertian atas pentingnya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa persatuan, serta adanya sosialisasi mengenai penggunaan bahasa asing yang seharusnya digunakan menyesuaikan dengan tempat dan sasarannya berbicara. []

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.