Selasa, 12 Desember 2017

[Opini] Penggunaan Bahasa Indonesia di Kalangan Pelajar SD

Posted By: Unknown - 18.24

Share

& Comment

Oleh: Anes Listiana



Penggunaan bahasa Idonesia di kalangan pelajar SD sopan dan jelas dalam tutur katanya. Tutur kata adalah perkataan yang di ucapkan. Pelajar SD biasanya masih polos dan belum terpengaruh oleh bahasa modern. Bahasa modern adalah bahasa baru yang mengikuti perkembangan zaman. Pelajar SD masih menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar meskipun dalam pengucapan dan penempatan bahasanya biasa aku temui tidak tersusun dengan baik dan benar. Seiring berjalannya waktu pelajar SD pasti bisa mengucapkan bahasa Indonesia dengan susunan yang baik.
Guru SD berpengaruh besar dalam mendidik muridnya untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, juga mengajarkan tentang pentingnya bahasa Indonesia bagi persatuan bangsa. Pelajar SD biasanya masih penurut, jadi guru bisa menerapkan penggunaan bahasa Indonesia dilingkungan sekolah dengan mudah supaya pelajar SD terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.


Dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar bagi pelajar SD, faktor lingkungan juga mempengaruhi. Umumnya mereka mengucapkan bahasa Indonesia dengan dialeg lingkungannya, karena mereka sudah terbiasa menggunakan dialeg tersebut untuk berbicara sehari-hari sehingga memengaruhi dalam pengucapan bahasa Indonesia. Lingkungan juga memengaruhi pelajar SD untuk tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar lagi, karena di dalam masyarakat ada yang menggunakan bahasa gaul. Bahasa gaul adalah bahasa yang tidak sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Orang-orang jaman sekarang menggunakan bahasa gaul sebagai pola hidup yang wajar di ucapkan walaupun kata-katanya tidak baku. 

Dengan adanya permasalahan di atas, pelajar SD berpengaruh untuk menjunjung tinggi bahasa persatuan Indonesia. Pelajar SD masih bisa di didik dan diberi pemahaman tentang pentingnya bahasa Indonesia untuk persatuan bangsa. Penerapannya bisa di lakukan dengan cara mengajarinya berbahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, bahasa gaul tidak lagi di gunakan, dan bahasa Indonesia lebih di cintai.

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.