Selasa, 12 Desember 2017

[Opini] Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar pada Zaman Kekinian

Posted By: Unknown - 21.46

Share

& Comment

Oleh: Zumrotul Mutaqin



Kekinian? Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kata itu. Kata yang begitu fenomenal dikalangan anak muda saat ini. Di zaman yang semakin berkembang, seseorang berusaha untuk menyesuaikan diri di zaman ini. Tidak hanya gaya hidup, teknologi, tempat, gaya hidup, media sosial bahkan cara bicara seseorang pun bisa dilihat kekinian atau tidak.

Penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar yang sesuai dengan PUEBI sangatlah penting. Faktor-faktornya seperti pergaulan, kebiasaan menggunakan bahasa yang tidak sopan. Para remaja lebih senang menggunakan bahasa mereka sendiri (bahasa gaul), bahasa yang tidak lumrah untuk didengar. Peran PUEBI diabaikan oleh para remaja, karena mereka menganggap bahwa menggunakan bahasa yang baik dan benar ketika membuat artikel, skripsi, proposal dan lain sebagainya yang bersifat formal.

Dampak negatif ketika kita menggunakan bahasa gaul adalah dapat mengganggu siapapun yang membaca dan mendengar kata-kata itu, karena tidak semua orang dapat memahami maksud dari kata-kata itu. Tetapi ada dampak positifnya juga yaitu remaja menjadi lebih kreatif. Tidak ada salahnya kita menggunakan tiap perubahan atau inovasi bahasa yang muncul. Asalkan dipakai pada saat yang tepat, media yang tepat dan komunikan yang tepat pula.

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.