Selasa, 12 Desember 2017

[Opini] Pergeseran bahasa Indonesia oleh bahasa inggris

Posted By: Unknown - 22.20

Share

& Comment

Oleh: Latifatul Hanim



Masa depan banggsa Indonesia terletak di tangan para pemudanya. Sebagai generasi penerus bangsa maka sudah seyogyanya mencintai bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu. Bahasa Indonesia adalah sebagai identitas negara Indonesia yang harus tetap dijaga supaya tidak mengalami kepunahan. Perlu diingat bahwa para pejuang dulu telah mati-matian untuk menyelamatkan bahasa Indonesia sebagaimana tercantum dalam sumpah pemuda. 

Fenomena penggunaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris sudah menjadi hal yang biasa digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari. Ini tentunya memprihatinkan bagi bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia mulai tergeser oleh bahasa Inggris. Para peminat bahasa Indonesia sekarang sudah mulai berkurang. Menggunakan bahasa Inggris dianggap lebih menarik, moderen dan gaul. Dalam berbicara pun sering terselip bahasa Inggris, seperti: free wifi, kids jaman now, take home. Menguasai bahasa Inggris di jaman ini memang perlu untuk bisa bersaing di era globalisasi. Perlu di perhatikan sekeras apapun mempelajari bahasa Inggris jangan sampai melupakan bahasa Indonesia (kacang lupa kulitnya). 

Mengenai berbahasa Jazeri pernah mengatakan “cintai bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing”. Maka dari itu jangan sampai bahasa Indonesia mengalami kepunahan karena berkurangnya pengguna bahasa Indonesia. Mari kita selamatkan jati diri nasionalis Indonesia dengan dengan mencintai bahasa Indonesia yang menggelora.

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.