Selasa, 12 Desember 2017

[Opini] Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Iklan

Posted By: Unknown - 19.10

Share

& Comment



Oleh: Diana Lu'luil Maknunin

Seringkali kita jumpai iklan di berbagai media. Baik pada media elektronik maupun pada media cetak. Misalnya pada radio dan tv yang termasuk dalam media elektronik. Bahkan sekarang, iklan dapat ditampilkan pada setiap  situs web dalam internet. Sedangkan pada media cetak, ikan dapat ditemui pada koran, majalah, dan surat kabar lainnya. Tidak hanya itu, iklan juga muncul di setiap tiang listrik, pagar tembok dipinggir jalan, bahkan telah disediakan reklame disetiap lampu merah pada jalan raya. Jadi bisa di simpulkan, bahwa iklan memang dapat dijumpai dimana-mana.

Mayoritas produk menggunakan bahasa Indonesia di dalam iklannya.  Sedangkan bahasa yang digunakan dalam iklan belum tentu benar. Baik dalam pengucapan maupun penulisannya dalam produk. Sehingga menyebabkan tercampurnya bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan bahasa yang digunakan dalam iklan. Banyak sekali ikan yang tidak menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.  Misalnya saja pada kalimat "betenya ilang, abis ada better" yang terdapat pada iklan better.  Kemudian adanya kata yang dilebih-lebihkan. Misalnya pada iklan dettol  yang menggunakan kalimat "Antiseptik No. 1, rekomendasi para dokter". Selain itu, adanya kata-kata yang marak digunakan oleh masyarakat. Misalnya pada iklan bukalapak yang menggunakan lagu pada iklannya. Yaitu "harga santai, kaga lebay"

Kesalahan dalam penggunaan bahasa Indonesia dalam iklan, akan berdampak buruk bagi masyarakat. Terutama anak kecil yang memiliki rasa ingin tahu tinggi dan senang meniru hal baru. Apalagi mereka tidak bisa lepas dari media elektronik yang bahkan menjadi kebutuhan kesehariannya. Sehingga mudah bagi mereka terpengaruh bahasa dalam iklan yang tidak sepenuhnya menggunakan bahasa Indonesia dengan benar.

About Unknown

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tadris Bahasa Indonesia 1-C ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.